Pasti banyak remaja di jaman sekarang mempunyai mimpi untuk memiliki perusahaan sendiri. Namun saat memiliki perusahaan, tentu kita perlu memberi perhatian lebih kepada perusahaan kita agar perusahaan itu dapat berjalan secara maksimal. Salah satu hal penting yang perlu kita perhatikan adalah kualitas karyawan kita. Berbicara mengenai kualitas karyawan, salah satu aspek penting yang perlu kita perhatikan adalah soft skill yang dimiliki oleh karyawan kita.

Pada dasarnya, soft skill dapat diartikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh karyawan di luar kemampuan akademis atau teknis. Karyawan dengan soft skill yang baik biasanya cenderung dapat menyelesaikan pekerjaan secara baik pula dan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. Secara umum, soft skill dapat dibedakan menjadi dua kategori.

Kategori pertama dari soft skill adalah intrapersonal skill. Yang termasuk ke dalam intrapersonal skill antara lain adalah kesadaran diri, penilaian diri, kemauan untuk terus belajar, keberanian, sikap fleksibel, komitmen, motivasi, tujuan hidup, kesadaran emosional, keahlian diri, keterampilan komunikatif, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, manajemen stress, manajemen waktu, dan keahlian negosiasi.

Kategori soft skill yang kedua adalah interpersonal skill. Yang termasuk ke dalam interpersonal skill antara lain adalah kesadaran sosial, orientasi pelayanan, empati, moralitas, keterampilan sosial, manajemen konflik, kepemimpinan, etika kerja, serta sopan santun.

Ada berbagai contoh soft skill yang sebaiknya kita ketahui. Contoh soft skill adalah communication skill (kemampuan berkomunikasi) dan problem solving (kemampuan memecahkan masalah).

Namun, banyak remaja yang masih sangat minim mengetahui tentang soft skill. Oleh karena itu, PT Remaja Sukses Indonesia menawarkan solusi, terutama kepada remaja-remaja yang ingin menggali lebih dalam tentang soft skill yang harus mereka miliki untuk dapat sukses di kemudian hari. Di sini kita diajarkan untuk dapat mengembangkan seluruh potensi dan kemampuan yang kita miliki. Jadi kita dapat tumbuh menjadi remaja yang dapat menjadi seorang leader di masa depan.