Pendidikan Life Skill bagi Remaja

Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan permasalahan. Masa remaja juga merupakan masa dimana remaja mencari identitas dan jati dirinya. Di dalam proses dalam pencarian jati diri ini, sering kali remaja mengalami konflik dan mereka tidak merasa siap untuk menghadapi masalah tersebut. Saat-saat seperti itu lah yang dapat mempengaruhi perkembangan diri dari remaja tersebut. Remaja akan kesulitan untuk menemukan jati dirinya jika belum mempunyai kesiapan untuk menghadapi masa depannya.

Apalagi, di jaman seperti sekarang ini, perkembangan IPTEK juga ikut mempengaruhi perkembangan remaja tersebut. Banyak sekali informasi yang didapat oleh remaja, justru berdampak negative untuk perkembangan dirinya. Berkaitan dengan hal itu, tentu perlu perhatian lebih terhadap remaja melalui pendekatan-pendekatan secara khusus, seperti pelatihan-pelatihan untuk pengembangan diri remaja.

Oleh karena itu, seorang remaja sangat membutuhkan life skill. Liife skill tidak dapat dari pendidikan formal, baik secara nilai akademis, intelektual, dan rapor. Life skill bisa di dapatkan melalui pengalaman ataupun melalui orang-orang terdekat remaja. Orang tua merupakan salah satu guru terbaik bagi pengembangan diri anak-anak. Life skill sangat penting di tanamkan sejak dini agar saat remaja bahkan sampai dewasa kelak, anak tersebut dapat lebih mudah untuk menemukan jati dirinya.

Life skill atau keterampilan hidup merupakan keterampilan yang dibutuhkan setiap individu untuk dapat survive dalam hidup dan kehidupan. Dengan keterampilan ini kita memiliki kemampuan untuk menemukan masalah, memecahkan masalah, membuat keputusan terhadap suatu pilihan dan menghindari situasi yang mungkin dapat menjatuhkan  dan memperkuat pertahanan dan ketahanan mental menghadapi masalah hidup. Sebagai contoh, anak usia empat tahun sudah dapat kita ajarkan untuk  mandi sendiri, menggosok giginya, mengembalikan handuk di tempatnya sehingga mereka tidak akan mengalami kesulitan  dan tergantung pada bantuan orang tua atau pembantunya.

Namun, bagaimana jika orang tua tidak memiliki waktu kepada anak untuk memberikan pendidikan tentang life skill tersebut? PT Remaja Sukses Indonesia memberikan solusi, dengan memberikan pelatihan melalui program-program yang sesuai untuk kebutuhan remaja dalam menghadapi masa depannya. Di sini kita di bimbing dan di ajarkan untuk dapat menyelesaikan masalah yang mungkin saja akan dihadapi di masa depan.