Kata siapa kalau tidak semua orang bisa memiliki kreativitas yang begitu luar biasa? Pada dasarnya memang tidak banyak yang bisa terlahir untuk menjadi sosok yang kreatif secara alami. Namun, pada kenyataannya kreativitas dapat dibentuk dan diasah oleh diri kita sendiri.

Pertama, buka mata dan telinga anda. Coba untuk peka terhadap lingkungan, lihat sekeliling anda untuk mencari referensi baru. Jangan lupa juga untuk bersosialisasi dan mendengar masukan ataupun ide dari teman-teman yang anda punya.

Kemudian, coba banyak belajar dari orang yang kreatif. Jangan malu untuk berkenalan dengan orang baru dan mencoba untuk belajar dari orang-orang kreatif. Anda pun bisa mendapatkan berbagai pelajaran saat berkumpul bersama orang-orang kreatif, seperti cara berpikir mereka atau cara mereka berkreasi.

Selanjutnya, mulai bergerak aktif. Menjadi orang kreatif, anda semakin dituntut untuk bergerak aktif. Jangan hanya diam saja menunggu datangnya ide, tapi cobalah untuk memikirkan inovasi baru kapan pun dan di mana pun. Anda pun bisa coba untuk bergerak ke mana pun yang anda mau untuk mencari ide yang lebih baru lagi.

Lalu, tuangkan semua ide anda. Tulis semua ide yang anda punya, jangan takut jika ide yang anda tuangkan belum begitu bagus. Anda bisa memikirkan ide setiap saat sehingga jangan lupa juga untuk menulisnya ketika ada ide yang tiba-tiba terlintas di benak anda. Buat susunan rencana untuk dijalankan kedepannya.

Selanjutnya, tanamkan sikap percaya diri dalam diri anda, Ini kunci yang harus anda miliki untuk menjadi sosok yang kreatif dan inovatif. Ketika anda memiliki ide yang ‘Out Of The Box’, anda tidak perlu takut untuk mengeluarkan ide yang anda punya di depan umum. Jadi, jangan minder ya untuk memberi tahu ide-ide kreatif yang anda punya.

Dan yang terakhir adalah jalankan aksi anda. Setelah membuat planning, selanjutnya anda harus menjalankan rencana yang sudah anda buat. Jangan takut untuk mencoba, karena kunci dari orang yang kreatif adalah tidak takut untuk mencoba dan gagal.