Pada masa usia dini ialah masa perkembangan karakter fisik. Dimana mental dan spirtual anak mulai terbentuk. Pada usia dini inilah, karakter anak akan terbentuk dari hasil belajar dan menyerap prilaku kita sebagai orang tua dan dari lingkungan. Pada usia dini perkembangan mental anak sangat cepat. Pada masa itu, anak menjadi sensitif dan peka untuk mempelajari dengan apa yang telah dilihatnya.

Karakter positif merupakan prilaku bauk yang sesuai dengan norma-norma atau nilai-nilai kehidupan terhadap masyarakat. Membangun Oleh karena itu, kita perlu membangun karakter positif anak sejak dini agar dapat menjadi pribadi yang baik terhadap diri sendiri dan masyarakat di sekitarnya.karakter ini hendaknya dilakukan sejak dini, karena pada masa itu merupakan masa emas perkembangan yang keberhasilanya menentukan kualitas anak dimasa depannya.

Orang tua merupakan peran utama untuk pembentukan karakter terhadap anak. Pada awalnya anak akan meniru orang tuanya mulai dari cara berprilaku, berpakaian, dan bersikap sehari-hari. Perlihatkan anak dengan hal-hal yang baik. Fakta mengatakan bahwa anak cenderung meniru apa yang mereka lihat. Apabila, yang mereka lihat merupakan hal yang positif, maka secara otomatis anak juga akan meniru hal tersebut. Begitu juga sebaliknya, apabila yang dilihat oleh anak hal negatif, maka anak juga akan meniru apa yang mereka lihat. Dengan demikian, memperlihatkan hal yang positif sangat mempengaruhi karakter mereka.

Selanjutnya, eri penjelasan tentang karakter positif pada anak. Sejak anak berusia dini, anak sebaiknya diberi tahu tentang perbuatan-perbuatan yang baik. Seperti halnya saling menyayangi sesama teman, rasa saling toleransi, dan perbuatan baik lainya. Selain itu, ketika melarang anak melakukan hal yang baik hindari menggunakan kata ‘jangan’. Karena pada dasarnya, rasa penasaran anak akan muncul dan mengakibatkan anak tersebut melakuakan hal yang dilarang. Oleh karena itu, langsung contohkan apa hal yang baik mereka.

Ajaklah anak untuk melakukan hal-hal yang baik atau positif. Apabila anak mulai mengetahui dan memahami apa hal-hal yang baik untuk dilakukan. Ajaklah anak secara perlahan untuk menerapkan hal baik tersebut walaupun dalam skala yang kecil. Hal baik yang bisa dilakukan oleh anak seperti membuang sampah pada tempatnya, mengucapkan salam apabila bertemu dengan orang yang lebih tua dan hal-hal yang baik lainya.

Lakukan peringatan dan pengulangam (pembiasaan). Membangun karakter bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh waktu yang lama kadang sampai berbulan-bulan bahkan terkadang sampai bertahun-tahun supaya dapat berhasil dan tertanam pada diri anak. Oleh karena itu, orang tua harus sabar dan telaten dalam membimbing anak. Tidak hanya itu, orang tua harus memberikan contoh seperti membiasakan anak untuk bangun pagi, mengerjakan pr, dan melakukan ibadah  sehingga anak terbiasa untuk melakukanya.

Jadi membangun karakter anak sejak usia dini sangatlah penting, karena pada masa itu anak mampu merekam berbagai kejadian yang mereka alami, termasuk juga nilai dan kebiasaan yang diajarkan. Dan juga karakter positif sangat berpengaruh bagi kehidupan di masa depanya.