Life Skill Kecakapan Hidup

Keterampilan hidup adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif (DEPDIKNAS, 2002).h

hal-hal penting dalam Keterampilan hidup esensial (essential life skills)

  1. Fokus dan Kontrol-Diri

kita harus memfokuskan satu hal agar lebih terarah dan kita harus bisa mengontrol diri sendiri untuk ada nya rasa puas ketika kita mencapai suatu hal agar kita bisa mendalami satu hal dengan baik dan maksimal.

  1. Berkomunikasi

kita harus pandai berkomunikasi karena akan terpakai dimanapun dan harus bisa berkomunikasi kebanyak orang agar bisa memiliki banyak koneksi Sukses yang bisa membantu kita meraih kesuksesan dan membantu / membimbing kita dalam segala hal.

  1. Membangun koneksi

kita harus membangun koneksi sebanyak-banyaknya dan bekerjasama dengan orang-orang Sukses agar kita bisa belajar dan di bimbing/ dibantu untuk meraih hal yang kita ingin, dan koneksi akan membantu kita agar kita bisa memiliki rekan sukses dimanapun kita berada.

  1. Berpikir Kritis

kita harus bisa berpikir Kritis untuk bisa mengambil keputusan terbaik agar semua yang kita lakukan akan lebih efisien dan bisa berbuah nilai-nilai kesuksesan. Dengan berpikir kritis kita akan bisa mengetaui dan merancang arah/jalur kita dala meraih kesuksesan.

  1. Menghadapi Tantangan

kita harus berani menghadapi tantangan agar kita bisa meningkatkan kapasitas diri kita dan kita bisa terus berkembang untuk meningkatkan mutu kita agar kita dengan mudah dapat meraih kesuksesan yang ingin kita capai.

  1. Pengambilan Perspektif

kita harus bisa menerima masukan orang dan melihat masalah dari perspektif yang berbeda agar kita bisa memperbaik dan mengintropeksi kesalahan kita agar kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

kita harus bisa berperilaku positif dalam menjalani berbagai keterampilan atau kemampuan yang kita jalani dan kita harus bisa melakukan semuanya secara maksimal agar kita sendiri akan mendapat hasil yang maksimal dan terbaik seperti yang kita harapkan.